TIPS DAN TRICK MERAWAT LAPTOP


hp-laptop-computers-repairs.jpg (1000×806)















Siapa sih yang nggak kenal dengan namanya laptop. Benda yang disebut juga komputer jinjing ini berkembang pesat mulai dari model, bentuk, hingga ukuran juga kemampuan kinerja dan fasilitasnya. Dahulu benda ini termasuk kebutuhan tersier akan tetapi seiring perkembangan zaman, laptop seakan beralih menjadi kebutuhan pokok untuk beberapa golongan bahkan semua golongan.


Sama seperti dengan benda-benda elektronik lainnya. Laptop pun butuh dirawat agar awet dan berumur panjang. Dalam merawat laptop tidaklah terlalu sulit akan tetapi juga tidak bisa disepelekan begitu saja. Berikut ini beberapa tips n trick dalam merawat laptop kalian.


  • Hindari sinar matahari secara langsung
Seperti benda-benda pada umumnya baik elektronik maupun non elektronik, laptop pun demikian. Hindari laptop anda dari sinar matahari secara langsung saat anda menggunakan maupun saat anda menyimpan laptop anda.


  • Hati-hati dalam menggunakan Software
Ketika kita hendak menggunakan software hasil dari download ada baiknya tidak langsung segera kalian instal akan tetapi lebih baik kalian scan dahulu dengan program antivirus. Hal ini menghindari dari malware dan berbagai kemungkinan terburuk yang akan kalian dapatkan.


  • Perhatikan sirkulasi udara laptop
Sama seperti dengan alat elektronik pada umumnya, laptop juga mengeluarkan panas saat dalam pemakaian oleh karena itu dibutuhkan sirkulasi udara yang baik agar panas tersebut tidak terjebak di dalam mesin laptop. Perhatikan apakah ada atau tidak yang menghalangi tempat sirkulasi udaranya. Sebab jika terhalang, panas tersebut akan terjebak di dalam mesin laptop yang dapat mengakibatkan overheat. Gunakan juga cooling pad jika diperlukan.

Laptop+terkena+air.jpg (600×450)
  • Hindari benda-benda yang kemungkinan dapat merusak laptop
Benda-benda disini banyak sekali jenisnya, misalnya saja jangan meletakkan benda apapun antara keyboard dengan monitor saat laptop keadaan tertutup. Sebab hal ini dapat mengakibatkan goresan pada layar monitor. Begitu juga jangan anda sekali-kali meletakkan benda apapun di atas laptop saat keadaan tertutup. Hal ini dapat merusak monitor anda juga. Terlebih lagi hindari cairan jenis apapun di dekat laptop kalian. Karena sehebat apapun elektronik akan rusak jika terkena cairan.

400px-Broom_icon_svg.png (400×400)
  • Gunakan tas laptop sesuai standar
Hal ini dilakukan untuk meminimalisir berbagai kemungkinan benturan ringan terhadap laptop kalian. Walau begitu jika benturannya terlalu keras laptop bisa rusak juga. Oleh karena itu hindari benturan sekecil apapun demi keselamatan laptop anda.


  • Kebersihan laptop
Sama seperti pada benda-benda umumnya terutama elektronik. Salah satu musuh abadi mereka adalah debu. Oleh karena itu usahakan untuk rutin membersihkannya. Sebab jika ada debu-debu yang menghalangi heatsink maka kinerjanya kurang optimal dalam mengurangi panas dan sama seperti yang sebelumnya di jelaskan, yaitu kemungkinan terbesar adalah overheat.

Demikianlah penjelasan mengenai tips n trick merawat laptop. Mudah-mudahan semua yang telah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua.

Sumber :http://ryshand.blogspot.com.au/2012/09/tips-n-trick-merawat-laptop.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARTIKEL TENTANG PENULISAN EYD

Arti pengembangan Organisasi

Pengertian Keluarga