Cara Alami Mencegah Flu atau Pilek

Flu atau sering disebut juga dengan pilek ialah penyakit yang sebenarnya tidak berbahaya dan semua orang pasti pernah mengalami penyakit ini. Meskipun penyakit flu tidak begitu berbahaya, namun tentu saja kita harus melakukan pencegahan karena menderita penyakit flu akan sangat mengganggu aktifitas kita.

Flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus influenza yang bisa menyerang siapa saja. Oleh karena itu, penyakit flu termasuk penyakit menular. Penularan penyakit ini bisa melalui udara, cairan, dan bersentuhan dengan orang yang menderita penyakit ini. Jika kondisi tubuh sedang tidak begitu fit, seseorang akan lebih rentan terkena flu.
Berikut ini merupakan beberapa cara alami mencegah flu atau pilek yang mungkin bisa anda coba untuk menghindari virus influenza.

Mengkonsumsi Vitamin C dan Vitamin D

Vitamin D berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menciptakan antibody alami dalam tubuh manusia. Sementara itu, vitamin C bertugas sebagai pencegah pneumonia yang merupakan salah satu akibat paling berbahaya akibat flu ini sendiri. Untuk mencegah pilek atau flu, anda dapat mengkonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung vitamin C dan D ini secara teratur dan sesuai aturan.

Memanfaatkan bawang putih untuk meningkatkan imunitas

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris, bawang putih terbukti mampu meningkatkan kekebalan tubuh pada virus influenza. Bahkan orang yang menggunakan bawang putih lebih memiliki kekebalan dibanding orang yang mengkonsumsi plasebo. Bawang putih juga berfungsi sebagai antibakteri yang mana sangat dibutuhkan dalam tubuh. 

Menghangatkan badan

Suhu badan yang rendah membuat seseorang mudah terserang virus flu atau pilek, untuk itu, untuk mencegahnya, hendaknya kita menghangatkan badan dan selalu menjaga kondisi badan tetap vit. Selain itu, jangan terlalu banyak begadang serta kecapean.

Mengkonsumsi banyak air putih

Meskipun tidak termasuk dalam pencegahan, namun mengkonsumsi air putih dalam jumlah banyak biasanya dapat meringankan kondisi seseorang yang terkena penyakit flu. Air putih juga bermanfaat untuk mengganti cairan tubuh yang hilang akibat flu dengan cepat.
 
Demikianlah beberapa cara alami mencegah penyakit flu atau pilek. Semoga artikel kali ini bermanfaat. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARTIKEL TENTANG PENULISAN EYD

Arti pengembangan Organisasi

Pengertian Keluarga