HOW TO COMPRESS PDF WITHOUT INSTALL ANY SOFTWARE



Kalian sudah tidak asing lagi kan dengan ekstensi file PDF. Yah.. ekstensi file ini sudah menjadi biasa bagi kita untuk sebuah dokumen yang sudah tidak bisa di ubah lagi. Terkadang sebuah file PDF memiliki ukuran data yang lumayan besar misalnya saja 2 MB, namun memori dari perangkat yang kita miliki terbatas. Anggap saja sisanya hanya kurang dari 2 MB. Akan tetapi file tersebut penting bagi dan hendak dipindahkan ke dalam flashdisk atau smartphone yang kita miliki.

Satu - satunya jalan keluar dari permasalahan ini adalah dengan melakukan kompresi file PDF tersebut. Ada beberapa software yang dapat melakukan kompresi file PDF tersebut. Kita cukup download software tersebut kemudian kita meng-install software tersebut deh. Hanya saja, jika laptop kita atau PC kita telah memasuki fase -fase miskin space memory pada hardisk bagaimana ?!. Repot lagi deh. Atau jika kita malas meng-install software apapun di laptop atau PC lagi bagaimana ?!. Bisa juga ketika kita telah melakukan instalasi software tersebut namun justru gagal dalam proses kompresi, sedangkan kita sangat membutuhkannya.

Santai...!!! nggak usah panik ya.. Sekarang kan uda era canggih hehe. Salah satu solusi yang bisa kalian lakukan adalah klik link ini kemudian ikuti step - stepnya ya.



  1. Setelah masuk page tersebut pilih Choose File
  2. Kemudian pilih file PDF yang mana untuk dilakukan kompresi. Sebagai contoh, file PDF yang saya gunakan memiliki ukuran 2.118 KB alias 2,06 MB.
  3. Selesai memilih file PDF yang hendak di kompresi selanjutnya pilih Upload & Shrink. Tunggu hingga proses selesai.
  4. Selanjutnya klik nama file yang kalian gunakan untuk men-download file PDF kalian setelah di kompresi.
  5. Berikut ini perbandingan ukuran file sebelum dan sesudah (nama filenya saya ubah menjadi "contoh_sesudah.pdf")









Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARTIKEL TENTANG PENULISAN EYD

Arti pengembangan Organisasi

Pengertian Keluarga