TIPS DAN TRICKS MERAWAT HARDDISK EXTERNAL


Harga+Harddisk+External.jpg (400×268)Hai.. hai.. ketemu lagi dengan saya ya. Sudah lumayan lama juga saya tidak melakukan posting pada blog saya ini. Ada banyak hal yang membuat saya seperti ini tapi apapun itu kalian pasti tidak akan mau tau kan ?!. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tips n trick merawat harddisk external.

Di saat ini harddisk sudah tidak seperti dahulu lagi yang tertanam dan stay di dalam CPU baik pada PC maupun laptop. Mereka kini bersifat portable layaknya flashdisk. Dapat dibawa kemana pun kita mau dan dapat kita cabut-pasang sesuka hati baik pada PC maupun laptop. Saat ini kapasitas yang tersedia di pasaran mencapai 1 terabyte. Karena kebutuhan pula harddisk external mulai banyak terjual. Selain karena masalah kemudahan dalam menggunakannya (yaitu plug n play) juga karena kapasitasnya yang sangat besar ketimbang kapasitas dari flashdisk.


Akan tetapi layaknya pada harddisk konvensional, harddisk external pun tidak luput dari perhatian mengenai perawatannya. Jika kita merawatnya dengan baik, selain dari umur penggunaanya lebih panjang juga file-file yang ada tetap aman berada di sana. Nah, berikut ini ada beberapa tips n trick dalam merawat harddisk external kalian semua.


  • JANGAN GUNAKAN HARDDISK EXTERNAL SEBAGAI MEDIA PENYIMPANAN UTAMA

harddiskexternal2-5inch.jpg (400×400)Seperti yang kita ketahui kalau dalam prosesnya sebuah harddisk akan memutar piringan yang ada didalamnya dengan kecepatan yang sangat tinggi. Hal ini tentu saja menimbulkan panas. Jika sirkulasi udara dalam pelepasan panasnya kurang baik maka hal ini dapat berimbas pada umur penggunaan harddisk external itu sendiri. Dalam keadaan terburuk, bisa saja mengganggu file-file yang ada di dalamnya dan bad sector. Saran saya jika ingin memainkan atau menggunakan file dari harddisk external dalam waktu lama, sebaiknya copy-paste dulu file tersebut pada PC atau laptop kalian. Jika telah selesai barulah kalian copy-paste kembali ke dalam harddisk external kalian. 

  • GUNAKAN KABEL USB SESUAI STANDAR
usb-y-cable.gif (300×300)
Kabel Y
Pada umumnya jika kita membeli harddisk external baru maka disertakan pula kabel USB standar dari mereka. Akan tetapi karena pemakaian atau kesalahan pada pengguna, maka umur penggunaan kabel USB itu bisa berkurang drastis (sebut saja rusak). Lagi-lagi hal ini berimbas pada harddisk external kalian. Gunakan atau beli kabel USB sesuai standar dan jangan asal pakai. Salah satu opsi, kalian bisa menggunakan kabel Y (kabel USB dengan dua colokan pada salah satu bagiannya). Memang terlihat merepotkan jika menggunakan kabel Y. Akan tetapi hal ini untuk menghindari kurangnya pasokan daya listrik dari USB yang kita gunakan. Bukankah kita tidak mengetahui kualitas dari USB slot tersebut, apakah masih mengalirkan daya listrik yang sesuai atau tidak.

  • JANGAN TERBANTING
adata03.jpg (600×437)
Dalam hal ini saja kasusnya dengan benda-benda elektronik lainnya. Jika benda tersebut terbanting banyak hal yang dapat terjadi mulai dari goyangnya komponen yang berada didalamnya dan kita tidak menyadari hal tersebut hingga suatu ketika kita baru menyadarinya. Sampai kepada keadaan terburuk, yaitu pecah tidak karuan. Oleh karena itu, kita harus menjaganya dengan baik dan menyimpannya di tempat yang aman. Namun saat ini ada harddisk external memiliki kemampuan tahan banting walau begitu hal ini jangan membuat kita lengah dan ceroboh. Ada baiknya kita tetap menjaganya dengan baik dan untuk meminimalisir efek guncangan ada baiknya menggunakan tas khusus untuk harddisk external kalian. Tas tersebut sudah banyak terjual di pasaran. Tapi ingat saat kita menggunakan harddisk external ada baiknya melepaskan harddisk external dari tasnya. Ini demi pelepasan panas menjadi lebih baik.


  • JAUHKAN DARI BENDA YANG BERMAGNET
kegunaan-magnet.jpg (320×284)
Konsep kerja yang digunakan harddisk adalah magnetasi. Nah jika ada benda lain yang bersifat magnet berada di dekatnya apa yang akan terjadi ??. Dan ingat juga, hampir semua komponen yang digunakan oleh harddisk bersifat paramagnetik. Well, dampak ini berakibat ganda yaitu pada file yang berada di dalamnya dan komponennya. Salah satu dampak terburuknya adalah saat platter tidak berkerja dengan baik.


  •  JAUHKAN DARI CAIRAN
hardisk.jpg (300×300)
Ha ?! cairan ?! memang terdengar bodoh ya ?! akan tetapi terkadang kita bisa saja khilaf dan lupa loh. Saking asiknya main game atau seriusnya mengerjakan tugas. Kita sambil menikmati minuman dan tanpa sadar meletakkannya di dekat harddisk external. Tanpa panjang lebar, kalian pasti tau apa akibatnya kan jika benda eletronik terkena cairan ?!. Ingat ya.. cairan itu musuh utama dari benda-benda eletronik jadi taruh dan letakkan harddisk external kalian di tempat yang aman.


  • GUNAKAN SELALU FASILITAS "SAFE REMOVE HARDWARE"
saferemove3-120x120.jpg (120×120)
Saat kalian telah selesai menggunakan harddisk external. Kalian jangan asal mencabut kabel USB-nya begitu saja. Ingat !! jika terjadi pemutusan daya secara tiba-tiba bisa menyebabkan bad sector. Selain itu juga saat kalian mentransfer file, ada banyak file yang belum tertulis benar pada harddisk tersebut. Lalu dimana dengan "sisa"nya, mereka semua masih tertinggal di cache memory. Jika kita asal cabut saja dampaknya adalah master boot record bisa rusak. Nah kalau sudah seperti ini, mau tidak mau harus kalian format ulang deh. Kasihan dengan file-file kalian yang tersimpan di sana kan ?!. Kalau kita menggunakan fasilitas "safe remove hardware" maka cache memory akan di hapus dan file kalian aman selain itu juga, pemutusan dayanya tidak bersifat tiba-tiba dan semuanya aman hehe.

Ya demikianlah tips n trick merawat harddisk external pada postingan kali ini. Jika ada yang kurang atau pun salah-salah kata saya mohon maaf. Maklum, namanya juga manusia. Tidak pernah lepas dari salah dan lupa.
Akhir kata, semoga yang ada pada postingan kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua. See you di postingan selanjutnya ya..

Sumber : Berbagai Sumber

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARTIKEL TENTANG PENULISAN EYD

Arti pengembangan Organisasi

Pengertian Keluarga