TULISAN 9
Tulisan 9 Penentuan Strategi Pemasaran produk
Strategi Produk
Strategi produk desain untuk mempengaruhi
konsumen baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Strategi produk
didesain untuk mengembangkan loyalitas merek dan mendapatkan bangsa pasar yang
besar. J. Paul mempengaruhi keberhasilan suatu produk, ada 7 karakteristik yang
perlu diperhatikan, yaitu:
1.Kompatibilitas yaitu seberapa dekat produk ini cocok atau dekat dengan afeksi, kognisi dan perilaku konsumen
2.Kemampuan untuk uji coba yaitu dapatkah konsumen mencoba produk dalam kondisi yang terbatas dan dengan resiko yang sekecil-kecilnya
3.Kemampuan untuk diteliti yaitu sejauh mana produk atau dampak yang dihasilkan oleh produk terebut dapat dirasakan oleh konsumen lain
4.Kecepatan yaitu seberapa cepat konsumen dapat merasakan manfaat produk
1.Kompatibilitas yaitu seberapa dekat produk ini cocok atau dekat dengan afeksi, kognisi dan perilaku konsumen
2.Kemampuan untuk uji coba yaitu dapatkah konsumen mencoba produk dalam kondisi yang terbatas dan dengan resiko yang sekecil-kecilnya
3.Kemampuan untuk diteliti yaitu sejauh mana produk atau dampak yang dihasilkan oleh produk terebut dapat dirasakan oleh konsumen lain
4.Kecepatan yaitu seberapa cepat konsumen dapat merasakan manfaat produk
5.Kesederhanaan yaitu sejauh mana suatu
produk dengan mudah dimengerti dan digunakan oleh konsumen.
6.Manfaat relative yaitu sejauh mana suatu produk memilki keunggulan bersaing dengan produk lain
7.Simbolisme produk yaitu apa makna produk tersebut bagi konsumen
6.Manfaat relative yaitu sejauh mana suatu produk memilki keunggulan bersaing dengan produk lain
7.Simbolisme produk yaitu apa makna produk tersebut bagi konsumen
Mengembangkan Strategi Produk
Strategi produk menggambarkan tindakan yang digunakan
oleh komponen produk dari bauran pemasaran untuk mencapai tujuan sebuah
perusahaan. Sebuah item produk adalah sebutan pemsaran yang paling rendah atau
dasar dalam bauran produk ini adalah item tersendiri seperti, sebuah merek
sabun batangan. Sebuah lini produk adalah sejumlah item produk tersendiri yang
terkait. Hubungan ini biasanya ditetapkan secara umum. Dua merek sabun batangan
adalah dua item produk dalam lini produk.
Bauran produk adalah kumpulan dari lini produk dalam kekuasaan dan kepemilikan perusahaan. Konsistensi bauran produk menunjukan pada kedekatan atau kemiripan lini produk, semkain dalam konsistensi yang dimilikinya. Semakin banyak lini produk dalam sebuah bauran produk, lebih besar dan lebih luas bauran produk tersebut.
Bauran produk adalah kumpulan dari lini produk dalam kekuasaan dan kepemilikan perusahaan. Konsistensi bauran produk menunjukan pada kedekatan atau kemiripan lini produk, semkain dalam konsistensi yang dimilikinya. Semakin banyak lini produk dalam sebuah bauran produk, lebih besar dan lebih luas bauran produk tersebut.
a. Daur Hidup Produk
Daur hidup produk meringas perjalanan produk pada tingkat perkenalan,
pertumbuhan, kedewasaaan, penurunan
b. Pilihan Strategi Produk
Daur hidup produk meringas perjalanan produk pada tingkat perkenalan,
pertumbuhan, kedewasaaan, penurunan
b. Pilihan Strategi Produk
Kegagalan untuk memahami dengan jelas pilihan
strategi produk akan menimbulkan ketidakefektifan dan konflik dalam usaha
pemasarannya.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Strategi
Pemasaran Perusahaan
1.Lingkungan Mikro
Lingkungan Mikro perusahaan terdiri dari para
pelaku dalam lingkungan yang langsung berkaitan dengan perusahaan yang
mempengaruhi kemampuannya untuk melayani pasar, yaitu :
a.Perusahaan yaitu struktur organisasi
perusahaan itu sendiri. Strategi pemasaran yang diterapkan oleh bagian
manajemen pemasaran harus memperhitungkan kelompok lain di perusahaan dalam merumuskan
rencana pemasarannya
b.Pemasok
Para pemasok adalah perusahaan-perusahaan dan
individu yang menyediakan sumber daya yang dibutuhkan oleh perusahaan dan para
pesaing untuk memproduksi barang dan jasa tertentu.
c.Para Perantara PemasaranPara
perantara pemasaran adalah perusahaan-perusahaan yang membantu perusahaandalam
promosi, penjualan dan distribusi barang / jasa kepada para konsumen
akhir.
Paraperantara pemasaran ini meliputi :
1.Perantara adalah perusahaan atau individu
yang membantu perusahaan untuk menemukan konsumen
2.Perusahaan Distribusi Fisik perusahaan
seperti ini membantu perusahaan dalam penyimpanan dan pemindahan produk
dari tempat asalnya ketempat-tempat yang dituju
3.Para Agen Jasa Pemasaran seperti perusahaan
atau lembaga penelitian pemasaran, agen periklanan, perusahaan media, dan
perusahaan konsultan pemasaran
4.Perantara Keuangan seperti bank, perusahaan
kredit, perusahaan asuransi, dan perusahaanlain yang membantu dalam segi
keuangan.
d.Para Pelanggan Yaitu pasar
sasaran suatu perusahaan yang menjadi konsumen atas barang atau jasa yang
ditawarkan perusahaan apakah individu-individu, lembaga-lembaga,
organisasi-organisasi dan sebagainya.
e.Para Pesaing Dalam usahanya melayani
kelompok pasar pelanggan, perusahaan tidaklah sendiri.
f.Masyarakat Umum Sebuah perusahaan juga
harus memperhatikan sejumlah besar lapisan masyarakat yang tentu saja besar
atau kecil menaruh perhatian terhadap kegiatan- kegiatan perusahaan.
2.Lingkungan Makro
Lingkungan makro terdiri dari
kekuatan-kekuatan yang bersifat kemasyarakatan yang lebih besar dan
mempengaruhi semua pelaku dalam lingkungan mikro dalam perusahaan, yaitu:
a. Lingkungan Demografis
kependudukan menunjukkan keadaan dan permasalahan mengenai penduduk, seperti
distribusi penduduk secara geografis, tingkat kepadatannya, kecenderungan
perpindahan dari satu tempat ke tempat lain
b. Lingkungan Ekonomi menunjukkan
sistem ekonomi yang diterapkan, kebijakan-kebijakan pemerintah yang berkenaan
dengan ekonomi, penurunan dalam pertumbuhan pendapatan nyata, tekanan inflasi
yang berkelanjutan, perubahan pada pola belanja konsumen, dan sebagian yang
berkenaan dengan perkonomian
c. Lingkungan Fisik
menunjukkan kelangkaan bahan mentah tertentu yang dibutuhkan oleh perusahaan,
peningkatan biaya energi, peningkatan angka pencemaran, dan peningkatan angka
campur tangan pemerintah dalam pengelolaan dan penggunaan sumber-sumber
daya alam
d. Lingkungan Teknologi menunjukkan
peningkatan kecepatan pertumbuhan teknologi, kesempatan pembaharuan yang tak
terbatas, biaya penelitian dan pengembangan yang tinggi, perhatian yang lebih
besar tertuju kepada penyempurnaan bagian kecil produk dari pada penemuan yang
besar
e. Lingkungan Sosial / BudayaLingkungan
ini menunjukkan keadaan suatu kelompok masyarakat mengenai aturan kehidupan,
norma-norma dan nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat, pandangan masyarakat
dan lain sebagainya yang merumuskan hubungan antar sesama dengan masyarakat
lainnya serta lingkungan sekitarnya.
Sumber : http://gudangupil.com/memasuki-pasar-melalui-strategi-produk/indo/ danhttp://www.scribd.com/doc/12781576/Strategi-Pemasaran
Komentar
Posting Komentar