TULISAN 5
1. Perkembangan Teori Perilaku Konsumen
Perkembangan teori perilaku konsumen
didasarkan pada teori ekonomi, yakni yang menjelaskan bahwa seorang konsumen
akan menetapkan kuantitas komoditas yang dikonsumsi dengan cara memaksimalkan
kepuasan.
2. Manfaat Perilaku Konsumen
Perilaku konsumen sangat beragam tergantung
pada pemanfaat atau pengguna. Terdapat dua kelompok pemanfaat: kelompok
peneliti (riset) dan kelompok yang berorientasi implementasi .
A. Peran perilaku konsumen bagi pemasar atau
produsen adalah mampu:
1.Membujuk konsumen untuk membeli produk yang
dipasarkan.
2.Memahami konsumen dalam berperilaku,
bertindak dan berpikir, agar pemasar atau produsen mampu memasarkan produknya
dengan baik.
3.Memahami mengapa dan bagaimana konsumen
mengambil keputusan, sehingga pemasar atau produsen dapat merancang strategi
pemasaran dengan baik.
B. Segmentasi Pasar
Jarang seorang pemasar dapat memuaskan setiap
orang dipasar, oleh karena itu, pada pemasar memulai
dengan segmentasi pasar dimana pemasar mengidentifikasi dan
membedakan kelompok – kelompok pembeli yang mungkin Iebih menyukai atau
memerlukan berbagai produk dan bauran sasaran.
Segmentasi pasar dapat juga didefinisikan
sebagai kegiatan membagi-bagi pasar atau market yang bersifat heterogen kedalam
satuan-satuan pasar yang bersifat homogen. Dan segmentasi pasar sebagai suatu
proses pembagian pasar keseluruhan menjadi kelompok-kelompok pasar yang terdiri
dan orang-orang yang secara relatif memiliki kebutuhan produk yang serupa.
Segmentasi yang Iengkap membutuhkan biaya
yang tinggi, dan kebanyakan pelanggan tidak dapat membeli produk yang
benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk itu, perusahaan mencari
kelas-kelas pembeli yang Iebih besar dengan kebutuhan produk atau tanggapan
membeli yang berbeda-beda. Segmen pasar terdiri dari kelompok pelanggan yang
memiliki seperangkat keinginan yang sama.
Dengan menggolongkan atau mensegmentasikan
pasar, dapat dikatakan bahwa secara umum perusahaan mempunyai motivasi untuk
mempertahankan dan meningkatkan tingkat penjualan dan yang Iebih penting lagi
agar operasi perusahaan am jangka panjang dapat berkelanjutan dan kompetitif.
1. Manfaat yang lain dengan dilakukannya
segmentasi pasar
Perusahaan akan dapat mendeteksi secara dini
dan tepat mengenai kecenderungan-kecenderungan dalam pasar yang senantiasa
berubah.
Dapat mendesign produk yang benar-benar
sesuai dengan permintaan pasar.
Dapat menentukan kampanye dan periklanan yang
paling efektif.
Dapat mengarahkan dana promosi yang tersedia
melalui media yang tepat bagi segmen yang diperkirakan akan menghasilkan
keuntungan yang lebih besar.
Dapat digunakan untuk mengukur usaha promosi
sesuai dengan masa atau periode-periode dimana reaksi pasar cukup besar.
2. Kelemahan-kelemahan dan tindakan
segmentasi itu sendiri
Biaya produksi akan lebih tinggi, karena
jangka waktu proses produksi lebih pendek.
Biaya penelitian/ riset pasar akan bertambah
searah dengan banyaknya ragam dan macam segmen pasar yang ditetapkan.
Biaya promosi akan menjadi Iebih tinggi,
ketika sejumlah media tidak menyediakan diskon.
Kemungkinan akan menghadapi pesaing yang membidik
segmen serupa.
Bahkan mungkin akan terjadi persaingan yang
tidak sehat, misalnya kanibalisme sama produsen untuk produk dan segmen yang
sama.
Komentar
Posting Komentar