TUGAS 9
Kuis 9 Materi Pasar Monopolis
dan Oligopoli
1. Apa yang dimaksud dengan pasar monopoli
dan monopolistis ?
2. Apa yang membedakan pasar monopoli dan
monopolistis ? jelaskan dan berikan contoh ?
3. Jelaskan bagaimana cara memperoleh
keuntungan di pasar monopoli ?
4. Jelaskan kebaikan dan kekurangan dari
pasar monopoli ?
5. Apa yang dimaksud dengan pasar oligopoly ?
Jawaban :
1. Pasar monopoli adalah suatu
bentuk pasar dimana hanya
terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah
seorang penjual atau sering disebut sebagai "monopolis"
Pasar Monopolistik adalah salah satu
bentuk pasar di mana
terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki
perbedaan dalam beberapa aspek. Penjual pada pasar monopolistik tidak terbatas,
namun setiap produk yang dihasilkan pasti memiliki karakter tersendiri yang
membedakannya dengan produk lainnya
2. Yang membedakan pasar monopoli dan
monopolistis adalah pasar monopolistis mempunyai banyak penjual, penjual di
pasar mopolistis memiliki kemampuan untuk mempengaruhi harga, tapi pengaruhnya
tidak sebesar penjual dari pasar monopoli, sedangkan pasar monopoli hanya
mempunya satu penjual sehingga penjual itu memiliki pengaruh yang sangat besar
dalam pasar monopoli.
3. Keuntungan pasar monopoli yaitu
keuntungan penjual cukup tinggi untuk produk yang menguasai hajat hidup orang,
biasanya diatur pemerintah. Ini menguntungkan konsumen karena penjual tidak
dapat menentukan harga dengan semaunya
4. Kebaikan pasar monopoli yaitu penjualannya
cukup tinggi, tidak dapat menentukan harga semaunya dan Kelemahan pasar monopoli
yaitu pembeli tidak ada pilihan lain untuk membeli barang keuntungan hanya
terpusat pada satu perusahaan terjadi eksploitasi pembeli.
5. Pasar oligopoli adalah pasar di mana
penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah
perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh. Dalam pasar oligopoli,
setiap perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan
permainan pasar, di mana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari
tindak-tanduk pesaing mereka. Sehingga semua usaha promosi, iklan,
pengenalan produk baru, perubahan harga, dan sebagainya dilakukan dengan tujuan
untuk menjauhkan konsumen dari pesaing mereka
Komentar
Posting Komentar