TUGAS 5
Kuis 5 Materi PRODUSEN
b. Setelah persepsi tentang biaya produksi diatas berubah, manajemen harus melaksanakan aktivitas produksi bernilai tambah ( bukan sekedar mengubah input menjadi output ) dengan jalan berproduksi pada biaya produksi yang minimum. Dengan cara ini perusahaan akan meningkatkan daya saing melalui strategi penetatapan harga ( pricing strategy ) yang kompetirif di pasar.
c. Keunggulan kompetitif produk dipasar akan meningkatkan pangsa pasar (market share) yang berarti akan meningkatkan penerimaan total (TR) dari penjualan produk itu.
1. Apa
yang dimaksud dengan produsen dan sebutkan pengkaterorian produsen ?
2. Apa
yang dimaksud dengan perilaku produsen ?
3. Apa
yang dimaksud dengan fungsi produksi ?
4. Apa
yang dimaksud dengan least cost combination ?
5. Bagaimana cara mengoptimalkan produksi ?
Jawaban :
1. Produsen dalam ekonomi adalah organisasi/kelompok/orang yang
menghasilkan suatu barang/jasa yang mempunyai nilai pakai dan nilai guna untuk
dikonsumsi oleh konsumen. Orang yang memakai atau memanfaatkan barang dan jasa
hasil produksi untuk memenuhi kebetuhan adalah konsumen.
Pengkategorian
produsen :
a. Produsen
b. Distributor
c. Agen
d. Pengecer
e. Pengguna
2. Perilaku Produsen adalah Sebuah usaha
produksi baru bisa bekerja dengan baik bila dijalankan oleh produsen atau yang
sering kita sebut pengusaha. Pengusaha adalah orang yang mencari peluang yang
menguntungkan dan mengambil risiko seperlunya untuk merencanakan dan mengelola
suatu bisnis.
3. Fungsi produksi merupakan hubungan teknis
antara faktor produksi (C,R,T,L) dengan hasil produksi.
Produksi dengan menggunakan :
Produksi dengan menggunakan :
a.
1 variabel & yang lain tetap.
b. 2 variabel, kombinasi 2 faktor produksi
ditunjukkan dengan kurva isocost dan isoquant
4. Least Cost Combination (LCC) yaitu
Penggunaan kombinasi faktor produksi dengan menggunakan biaya yang paling
murah. Syarat LCC : MRTS (marginal rate of technical substitution), bila
menambah salah satu input maka mengurangi penggunaan input
5.Cara Mengoptimalkan produksi:
a. Biaya yang digunakan harus dipandang sebagai keuntungan potensial ( potential profit ), bukan pengeluaran atau ongkos produksi yang memang harus di keluarkan. Dengan demikian reduksi biaya produksi melalui peningkatan efisiansi akan meningkatkan keuntungan.
a. Biaya yang digunakan harus dipandang sebagai keuntungan potensial ( potential profit ), bukan pengeluaran atau ongkos produksi yang memang harus di keluarkan. Dengan demikian reduksi biaya produksi melalui peningkatan efisiansi akan meningkatkan keuntungan.
b. Setelah persepsi tentang biaya produksi diatas berubah, manajemen harus melaksanakan aktivitas produksi bernilai tambah ( bukan sekedar mengubah input menjadi output ) dengan jalan berproduksi pada biaya produksi yang minimum. Dengan cara ini perusahaan akan meningkatkan daya saing melalui strategi penetatapan harga ( pricing strategy ) yang kompetirif di pasar.
c. Keunggulan kompetitif produk dipasar akan meningkatkan pangsa pasar (market share) yang berarti akan meningkatkan penerimaan total (TR) dari penjualan produk itu.
Komentar
Posting Komentar