Mendeteksi Penyakit & Kondisi Kesehatan Dari Kuku

Mendeteksi Penyakit  


Memiliki kuku yang bersih, bening dan terawat tentunya memberikan kesan cantik

pada jari jemari anda. Perawatan terhadap kuku tak hanya merupakan kebiasaan yang 

dilakukan oleh pria, terutama wanita. Akan tetapi, kuku dapat menunjukkan 

kondisi kesehatan seseorang. Ya! Mungkin anda pernah mendengar bahwa

kita dapat mendeteksi penyakit maupun kondisi kesehatan dari kuku tangan anda.

Dalam berita yang ditulis dalam Times of India, bahwa warna dan bentuk kuku dapat dijadikan indikator mengenai penyakit dalam yang tak terlihat dari luar. Barangkali anda tidak merasakan keberadaan dari penyakit ini ataupun sebaliknya, akan tetapi penyakit tersebut dapat berupa hanya gejala awal maupun telah lanjut sehingga anda dapat mengambil langkah pengobatan sejak dini untuk menghindari kondisi penyakit yang lebih parah di kemudian hari.
Adapun area kuku yang dijadikan indikator untuk mendeteksi penyakit adalah pada bagian dibawah kulit kuku dan sekitarnya. Salah seorang dokter spesialis Dermatologi, Dr. Nina Madnani mengatakan bahwa dirinya kerap kali memeriksakan kondisi dan warna kuku setiap pasien yang ditanganinya, seperti kulit, cerminan warna kulit kuku dsb dapat dijadikan indikator yang cukup efektif untuk mendeteksi penyakit yang sedang diderita di dalam tubuh pasien.

MENDETEKSI PENYAKIT & KONDISI KESEHATAN DARI KUKU

Menurut Dr. Nina, kuku yang sehat akan terlihat halus serta berwarna merah mudah dengan permukaan yang melengkung. Dalam hal ini dapat menunjukkan jika tubuh anda dalam keadaan sehat pula. Kendati perubahan pada kuku dapat mendeteksi penyakit, akan tetapi indikator yang sudah menunjukkan tanda pada kuku ini jarang merupakan penyakit tahap awal. Meski demikian, kejanggalan warna pada kuku, tak selalu dapat mengindikasikan kepastian adanya sebuah penyakit pada pemilik kuku, misalkan pada penderita hepatitis pada umumnya akan memiliki kuku yang pucat, dsb. Karena warna kuku dapat juga disebabkan oleh kebiasaan pemilik kuku dalam merawat kukunya, seperti penggunaan cat kuku yang berlebih, pengeras kuku, dsb yang membuat zat kimia obat – obatan tersebut menyerap ke dalam kuku.
Apabila penderita jarang menggunakan metode perawatan yang disebutkan, maka warna kuku yang pucat pasi dapat mengindikasikan adanya penyakit hepatitis pada si penderita. Apabila pasien tersebut ternyata memiliki kebiasaan menggunakan zat kimia sebagai perawatan kukunya, maka diagonosa tetap akan dilakukan menggunakan metode medis lainnya.

Mendeteksi penyakit Sejak Awal Dari Gejala Kuku

Mendeteksi Penyakit
Berikut adalah hal yang perlu anda perhatikan. Menurut Dr Sunil, kita harus memeriksakan diri ke dokter apabila melihat permukaan kuku anda berubah warna. Berubahnya tekstur atau permukaan kuku dapat terjadi secara permanen, atau setidaknya dalam waktu yang relatif lama. Beberapa indikasi dibawah ini dapat dijadikan petunjuk terhadap penyakit yang sedang diderita saat ini:
Kuku Yang Rapuh
Apabila kuku anda rapuh/garing, atau mudah patah, ada kemungkinan jika tubuh anda memerlukan zat besi. Kondisi demikian dapat disebabkan oleh terjadinya defisiensi biotin, adanya gangguan pada ginjal, kalenjar tiroid hingga gangguan pada peredaran darah.
Kuku Yang Bengkok
Bila kuku anda bengkok ke dalam atau melengkung, dapat mengindikasikan bahwa tubuh anda kekurangan vitamin B12 juga zat besi.
Kuku Yang Berkerut
Apabila kuku anda nampak berkerut, atau bergaris – garis agak kasar, hal ini dapat mengindikasikan bahwa anda kekurangan vitamin C, protein, hingga asam folat. Banyaklah mengkonsumsi sayur dan buah – buahan, terutama yang berwarna hijau dan kuning.
Kuku Berwarna Kebiruan
Bila kuku anda nampak berwarna kebiruan hingga keunguan, maka dapat mengindikasikan bahwa tubuh anda kekurangan oksigen. Hal ini dapat mendeteksi penyakit yang berkaitan dengan jantung dan paru – paru. Lebih baik anda memeriksakan kondisi jantung dan paru anda ke dokter sebelum penyakit tersebut menggerogoti anda.
Kuku Berwarna Merah
Jika kuku anda berwarna merah, terutama pada sekitar sisi kuku, hal ini dapat disebabkan adanya radang pada kuku, atau bisa juga disebabkan oleh penyakit lupus atau perubahan jaringan yang lainnya.
Kuku Bergaris Hitam
Jika anda melihat sebuah garis hitam pada tengah – tengah permukaan kuku, anda perlu segera memeriksakan diri anda ke dokter. Gejala ini dapat mengindikasikan adanya penyakit melanoma, atau jenis kanker kulit yang paling berbahaya.
Demikianlah informasi mengenai Mendeteksi Penyakit & Kondisi Kesehatan Dari Kuku. Semoga bermanfaat :-)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARTIKEL TENTANG PENULISAN EYD

Arti pengembangan Organisasi

Pengertian Keluarga